SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

12 Bau yang Tidak Disukai Kucing yang Harus Anda Tahu

Bau yang Tidak Disukai Kucing

Tanpa kita sadari ada beberapa bau yang tidak disukai kucing. Di antara bau-bauan tersebut, kerkadang justru ada yang dianggap wangi oleh manusia. Aroma tersebut ternyata sering kali kita jumpai di rumah. Karena adanya bau tersebut kucing enggan berlama-lama berada dari tempat tersebut. Bagi para pecinta kucing, tentu saja mereka akan menjauhkan berbagai aroma tersebut dari kucing peliharaannya agar si kucing tidak menjauh dari lingkungan rumah. Sebaliknya, terkadang bau-bauan ini justru dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengusir kucing tanpa menyakitinya. Berikut adalah 12 bau yang tidak disukai kucing yang harus Anda ketahui:

1. Bau Jeruk atau Lemon

Jeruk dan lemon adalah buah-buahan yang sering disimpan ataupun dikonsumsi di rumah. Bagi manusia, aroma yang keluar dari jeruk maupun lemon sangatlah menyegarkan. Namun ternyata bau jeruk dan lemon justru tak disukai oleh kucing. Bagi kucing, aroma yang keluar dari jeruk dan lemon terlalu menyengat indra penciuman mereka. Itulah mengapa mereka akan menjauh dari tempat yang terdapat aroma dari buah-buahan tersebut.

2. Bau Parfum

Parfum atau pengharum badan sering kali digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Parfum yang disemprotkan ke baju atau tubuh dapat memuat Anda terbebas dari bau badan yang menyengat. Namun aroma wangi dari parfum justru menjadi salah satu bau yang tidak disukai oleh kucing. Ketika Anda menggunakan parfum dalam jumlah yang sedikit, mungkin kucing tidak akan mencium bau tersebut. Sebaliknya, jika Anda menggunakannya dalam jumlah yang berlebihan, maka si kucing tentu saja akan segera menjauhi Anda karena tak tahan dengan aroma menyengat dari parfum tersebut. Karena itulah, sebaiknya Anda tak menyemprotkan parfum secara berlebih di sekitar kucing karena akan sangat berbahaya bagi kucing. Selain memiliki bau yang terlalu menusuk bagi kucing, kandungan kimia pada parfum juga bisa menyebabkan kucing Anda keracunan.

3. Bau Kamper

Kamper yang biasa digunakan sebagai pengharum ruangan adalah salah satu sumber bau yang tidak disukai oleh kucing. Bau yang keluar dari kamper dianggap terlalu menyengat pagi indra penciuman kucing yang memang terkenal tajam. Untuk itu, jangan letakkan kamper di tempat-tempat yang sekiranya sering menjadi tempat bermain kucing agar mereka tidak terganggu dengan bau yang menyengat dari kamper.

4. Bau Mentol

Mentol biasanya digunakan sebagai bahan kandungan pada minyak kayu putih, balsem, maupun obat gosok. Aroma khas pada mentol menimbulkan sensasi yang melegakan sekaligus menyegarkan. Itulah mengapa ketika Anda sedang flu atau pilek, Anda sangat senang ketika menghirup aroma dari mentol ini karena dapat melegakan pernafasan Anda.

Namun kucing justru tidak suka pada aroma dari mentol tersebut. Itulah mengapa saat Anda sedang memakai balsem atau minyak kayu putih, kucing kesayangan Anda akan menjauhi Anda.

5. Bau Asap

Tak hanya manusia yang membenci bau asap karena ternyata kucing juga tak menyukainya. Ya, kucing memang paling tidak suka pada bau asap terutama yang berasal dari rokok. Selain tak disukai oleh kucing, aroma dari rokok yang banyak mengandung zat berbahaya juga sangat membahayakan kesehatan kucing tersebut.

Sebuah penelitian mengungkapan bahwa kucing yang dipelihara oleh seorang perokok aktif maka akan mudah terserang kanker darah dan sistem kekebalannya pun akan rusak. Itulah mengapa sebaiknya Anda tak merokok di dekat kucing yang Anda pelihara demi menjaga kesehatan kucing tersebut.

6. Bau Cabai

Bau cabai yang menyengat akan sangat mengganggu indra penciuman kucing. Apalagi ketika cabai itu sedang dimasak sebagai bumbu masakan, terkadang akan timbul aroma yang sangat menusuk hidung. Untuk itu, ketika Anda memasak menggunakan cabai, bukalah jendela atau pintu agar aroma yang menyengat dari cabai yang dimasak dapat keluar dan hilang.

7. Bau Merica

Ternyata salah satu bahan rempah ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh kucing. Aroma yang ditimbulkan oleh merica memang sangat menyengat bagi kucing yang memiliki indra penciuman yang tajam.

8. Bau Lavender

Ternyata ada juga aroma tumbuhan yang tidak disukai oleh kucing. Salah satu tanaman yang baunya tidak disukai oleh kucing adalah bunga lavender. Lavender sendiri sudah populer untuk digunakan sebagai tanaman pengusir beberapa binatang, termasuk kucing. Aroma lavender mungkin saja harum bagi manusia, bahkan ada beberapa lotion yang beraroma lavender.

Namun bagi kucing, aroma lavender sangat menusuk dan mengganggu indra penciumannya. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan aroma lavender untuk mengusir kucing yang mengganggu tanpa menyakiti mereka. Sebaliknya untuk Anda yang tak ingin kucing Anda pergi menjauh, sebaiknya hindari penggunaan lotion beraroma lavender ini.

9. Bau Curry plant

Sesuai dengan namanya, Curry plant adalah tanaman yang aromanya mirip dengan kari. Meskipun baunya mirip kari, tanaman berbunga kuning ini tidak dapat dijadikan sebagai bahan memasak kari maupun dijadikan tanaman hebal. Tanaman ini biasanya hanya ditanam untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki bau yang tidak disukai kucing. Karena itulah, kucing biasanya akan menjuhi tanaman yang sering tumbuh di tanah kering yang kondisinya tidak begitu subur ini.

Baca Juga: Jenis Kucing Persia

Bagi Anda yang ingin mengusir kucing yang mengganggu, gunakanlah aroma dari curry plant ini. Sedangkan bagi Anda yang sangat suka memelihara kucing, jauhkan kucing Anda dari tanaman tersebut.

10. Bau Rosemary

Tanaman roseary adalah tanaman yang memiliki aroma khas yang manis dan pedas. Karena itulah tanaman yang satu ini sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan kuliner. Meskipun aroma yang keluar dari rosemary terasa sedap bagi manusia, namun rosemary memiliki bau yang tidak disukai kucing . Aroma rosemary akan sangat menyengat bagi kucing yang memang sensitif dengan bau-bauan.

Untuk Anda yang ingin menggunakan tanaman ini untuk mengusir kucing, Anda dapat menanamnya sendiri di sekitar rumah Anda. Anda dapat meletakkan tanaman ini di pot-pot yang ada di sekitar rumah untuk mencegah kucing mendekati Anda saat di rumah. Sebaliknya, bagi Anda yang suka memelihara kucing, hendaknya jauhkan tanaman ini dari sekitar rumah Anda agar kucing tak merasa terganggu.

11. Scaredy cat plant

Sesuai namanya, tananam ini memang populer untuk mengusir kucing. Aroma pesing yang keluar dari tanaman ini membuat kucing pergi menjauh dari tempat-tempat yang terdapat tanaman ini. Untuk itu, Anda dapat menanam tanaman ini di sekitar rumah agar kucing tak mau mendekat.

12. Obat pengusir kucing

Bau dari obat pengusir kucing sudah pasti sangat tidak disukai oleh kucing. Itulah sebabnya, jika bahan-bahan alami sudah tak ampuh lagi mengusir kucing, gunakan saja obat pengusir kucing ini.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kucing Mau Mati yang Harus Dipahami

Demikianlah beberapa bau yang tidak disukai kucing yang harus Anda tahu. Bagi Anda yang memelihara kucing, hendaknya jauhkan bahan-bahan yang dapat mengeluarkan bau menyengat bagikucing.

Namun sebaliknya, bagi Anda yang terganggu karena kehadiran kucing, Anda dapat menggunakan aroma-aroma tersebut untuk mengusir mereka tanpa menyakitinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *