SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

13+ Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Tepat

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara membedakan lovebird jantan dan betina – Pemelihara burung sering dibingungkan dengan jenis kelamin hewan peliharaannya, jantan ataupun betina. Banyak dari pemelihara yang tidak mengerti ketika membeli burung ini berjenis kelamin apa. Sebelum membeli hewan peliharaan, khususnya lovebird. Alangkah lebih baik jika mengetahui ciri-ciri jenis kelamin lovebird yang akan dibeli sebelum dibawa pulang.

Jika Anda terlanjur membeli lovebird dan belum mengetahui apa jenis kelamin dari burung tersebut, tidak perlu khawatir. Disini akan dijelaskan bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Ciri Burung Lovebird Jantan dan Betina

Sebenarnya ada banyak sekali ciri yang bisa kita amati saat ingin membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina. Bahkan jika seseorang sudah pakar dan memelihara burung lovebird sejak lama, bisa secara langsung membedakan jenis kelamin lovebird walau hanya melihat bentuk paruh, ukuran tubuh, dan bentuk ekornya saja.

Baca Juga: Ciri Burung Lovebird Biola

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa seperti itu. Nah maka dari itu dalam kesempatan kali ini SukaPet.com akan menjelaskan dan memberikan gambaran secara detail dalam membedakan burung lovebird jantan dan betina melalui cara-cara dibawah ini:

1. Bentuk Paruh Burung Lovebird

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk membedakan lovebird jantan dan betina antara lain: Pertama, bentuk paruh lovebird jantan lebih runcing, sedangkan lovebird betina tumpul. Pada lovebird jantan bentuk paruh lancip. Berbeda dengan betina. Bentuk paruh dapat dilihat secara sekilas tanpa perlu memegang langsung. (Sumber: Wikipedia Burung Cinta)

2. Ukuran Tubuh Burung Lovebird

Jika pada umumnya ukuran binatang jantan lebih besar dari betina, tapi tidak untuk lovebird. Ukuran tubuh lovebird jantan justru lebih kecil dibanding betina. Hal tersebut bisa Anda cermati jika Anda sedang berada di kandang ombyokan dan ingin mendapatkan atau membeli lovebird jantan, maka salah satu caranya adalah dengan cara memilih yang berukuran kecil.

3. Bentuk Kepala Burung Lovebird

Ciri-ciri lain juga bisa dilihat dari bentuk kepala lovebird. Lovebird jantan umumnya memiliki kepala yang rata, sedangkan lovebird betina justru sedikit melengkung atau cekung.

4. Bentuk Sayap Burung Lovebird

Hal lain yang membedakan antara keduanya adalah bentuk sayapnya. Bentuk sayap pada lovebird jantan menyilang, sedangkan betina umumnya tidak menyilang. Cara ini cukup praktis dilakukan sebab Anda tak perlu memegang burung secara langsung. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan bentuk sayapnya saja saat si burung berada di luar ruangan.

5. Bentuk Ekor Burung Lovebird

Ekor lovebird antara jantan dan betinapun berbeda. Bentuk lovebird jantan meruncing, sedangkan lovebird betina lebih rata. Selain itu, lovebird jantan juga memiliki tulang pubis yang rapat berbeda dengan lovebird betina yang memiliki tulang pubis renggang. Perbedaan ini jelas terlihat, terlebih bagi Anda yang senang mencermati fisik lovebird.

6. Bentuk Lubang Hidung Lovebird

Bentuk lubang hidung dan lingkaran mata pada lovebird jantan adalah oval, sedangkan betina berbentuk bulat. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk meniupnya, sehingga menyebabka bulu- bulu akan terbuka dan memperlihatkan bentuk lubang hidung lovebird tersebut. Untuk cara yang satu ini, Anda harus benar-benar mendekati dan melihat lovebird dari jarak dekat.

7. Kloaka Anus Burung Lovebird

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebagai cara membedakan lovebird jantan dan betina adalah bentuk kloaka anusnya. Umumnya jika anus burung tersebut terlihat menonjol dan panjang maka bisa dipastikan bahwa lovebird tersebut adalah jantan. Namun sebaliknya, jika kloaka atau anusnaya justru terlihat rata dan lebar, maka bisa jadi lovebird tersebut betina.

Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan cara memegang kloaka atau anus burung yang bersangkutan. Cara ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati jangan sampai menyakiti dubur dari lovebird tersebut. Jika diperlukan gunakan sarung tangan untuk mencegah penularan bakteri ke badan Anda.

8. Cara Bertengger Lovebird

Cara membedakan lovebird jantan dan betina selanjutnya adalah dari kebiasaannya. Selain dilihat secara fisik, jenis kelamin lovebird dapat dilihat dari kebiasaan bertengger. Lovebird jantan cenderung merapat bagian kaki ketika bertengger. Hal ini dikarenakan lovebird jantan memiliki tulang pubis rapat. Lovebird betina ketika bertengger kakinya cenderung melebar karena tulang pubis pada lovebird betina merenggang.

9. Tingkah Laku Saat Birahi

Jenis kelamin lovebird dapat dilihat dari tingkah laku ketika birahi. Lovebird Jantan akan manggut-manggut dan mengeluarkan suara ketika birahi untuk menarik perhatian lovebird betina. Ketika lovebird jantan tidak dapat menahan hawa birahi, ia akan menaiki tubuh betina dan mengawini. Berbeda dengan tingkah laku lovebird betina yang sedang birahi. Betina akan merunduk sambil membuka lebar sayapnya, bahkan betina akan menggigit benda mati disekelilingnya. Cukup unik bukan kebiasaan mereka?

10. Tingkah Laku Saat Membuat Sarang

Ketika membangun sebuah sarang, lovebird betina berperan aktif dibanding lovebird jantan. Lovebird jantan dan betina dapat bekerja sama dengan baik dalam membangun sarang. Lovebird jantan berperan memberikan kulit kayu atau serbuk kepada betina, kemudian betina juga berusaha mengumpulkan kulit kayu dan dimasukkan ke glodok.

11. Meraba Secara Langsung Pada Tulang Pubis

Hal lain yang dapat membedakan antara lovebird jantan dan betina adalah dengan cara meraba secara langsung pada bagian tulang pubis. Dengan meraba secara langsung, diharapkan Anda dapat membedakan mana lovebird jantan dan mana yang betina. Jika tulang pubisnya berasa longgar, maka bisa jadi kemungkinannya bahwa lovebird Anda adalah betina.

Namun apabila tulang supit/pubisnya terasa sangat rapat, bisa jadi lovebird Anda berjenis kelamin jantan. Melakukan pengecekan secara manual menggunakan tangan ini, hendaknya Anda harus berhati-hati sebab jika tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin jika Anda bisa melukai lovebird Anda sendiri.

12. Gunakan Pandulum

Cara tradisional yang dapat dilakukan majikan untuk mengetahui jenis kelamin lovebird jantan atau betina yaitu dengan menggunakan pendulum di atas kepala. Mitos atau fakta cara ini dipercaya oleh sebagian orang untuk menentukan jenis kelamin. Aturan mainnya siapkan cincin logam, jarum, dan pendulum. Ikat semua bahan tersebut menggunakan tali panjang 16 hingga 21cm. Ambil lovebird di atas tangan kanan, dan pegang tali di atas tangan kiri. Selanjutnya, letakkan pendulum di atas kepala lovebird. Jarak antara tali dengan kepala lovebird sejauh 4 hingga 6cm.

Hasilnya apabila pendulum bergerak memutar, maka bisa diperkirakan bahwa lovebird tersebut berkelamin betina. Apabila pendulum bergerak maju mundur, dapat diartikan lovebird itu berjenis kelamin jantan.

13. Tes DNA

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang terakhir adalah dengan tes DNA. Metode ini merupakan metode paling akurat jika dibandingkan dengan metode lainnya. Namun cara ini cukup mahal karena harus membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan laboratorium yang berpengalaman sehingga bisa dibilang cukup memakan waktu dan biaya.

Proses pengambilan DNA umumya dilakukan dengan bantuan dokter hewan. Tes yang satu dapat dilakukan bagi mereka yang benar-benar ingin membedakan lovebird yang memiliki kualitas super tinggi atau karena hal-hal yang berhubungan dengan jual beli lovebird langka.

Tes seperti ini tidak dianjurkan khususnya bagi mereka yang mampu membedakan lovebrd jantan dan betina dilihat dari bentuk fisiknya.

Kesimpulan:

Nah, cara membedakan lovebird jantan dan betina dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti di atas mulai dari bentuk fisik serta tingkah lakunya. Namun jika Anda ragu, Anda bisa berkonsultasi dahulu kepada orang atau teman yang ahli dalam bidang ini. Paling tidak mereka yang telah lama berkecimpung dalam pemeliharaan dan perlombaan lovebird.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji

Semoga tips di atas dapat menginspirasi Anda dalam menemukan lovebird yang benar-benar Anda inginkan.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *