SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

6 Cara Merawat Lovebird Buat Lomba Supaya Tampil Maksimal

Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Cara Merawat Lovebird Buat Lomba – Lovebird merupakan sosok burung fenomenal. Begitu muncul pertama kali pada tahun 2010 burung kicau satu ini langsung digandrungi kicaumania, bahkan sampai sekarang.

Lovebird termasuk salah satu spesies burung parrot yang mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibanding burung lain. Contohnya ketika lovebird dibawa ke perlombaan, bagi Lovebird yang sudah terlatih dia sanggup ngekek hingga 3 menit bahkan bisa lebih.

Jika dipelihara dan dirawat dengan baik, Lovebird bisa menjadi ladang bisnis dengan keuntungan yang tidak main-main. Bahkan konon ada Lovebird yang sempat ditawar Rp 2,2 miliar karena pesona suara lovebird tersebut tidak pernah terkalahkan di perlombaan.

Cara Merawat Lovebird Lomba

Dalam melakukan perawatan burung lovebird, terutama untuk burung yang akan diikut sertakan kedalam lomba, tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari memperhatikan kebersihan kandang, memandikan burung, memberikan pakan yang berkualitas, dan lainnya.

Disini kami sudah merangkum 6 poin penting dalam merawat burung lovebird. Nah, jika Anda pecinta Loverbird yang ingin tahu cara membuat Lovebird gacor di lapangan, berikut ini tipsnya.

1. Cara Memandikan Lovebird yang Benar

Terapi cara mandi Lovebird yang benar berdampak bagus terhadap performanya saat diperlombakan. Cara ini sekaligus juga untuk mengurangi Lovebird turun ke bawah (nebok) dan juga menambah mental.

Saat memandikan usap pelan-pelan dengan air. Sebaiknya dimandikan langsung dari kran dengan aliran air kecil (seperti air hujan), hal tersebut membuat burung tenang. Sore harinya atau agak malam semprot bulu dada hingga sedikit basah lalu dikerodong. Pengerodongan ini harus tetap dilakukan setiap malam meskipun burung sudah tenang.

2. Ganti Tangkringan

Tangkringan perlu diganti sama seperti ukuran tangkringan plastik. Biasanya tangkringan plastik ini ada saat Anda membeli sangkar bulat.

Masih terkait tangkringan, pilih tangkringan yang memiliki kekasaran yang disukai burung. Intinya pilih tangkringan dengan tingkat kekasaran yang tidak membuat burung gelisah dan tidak nyaman.

3. Usia Rata-rata Lovebird Boleh Dibawa ke Lapangan

Lovebird baru boleh dibawa ke lapangan ketika usianya sudah 3,5 bulan sampai 4 bulan. Meski demikian sebaiknya tidak terlalu sering dibawa ke lapangan. Maksimal 1 minggu sekali digantang di lapangan. Ini juga termasuk cara merawat Lovebird biar cepat gacor.

Jika Lovebird terlalu sering digantang dampaknya kurang bagus. Misalnya burung malas ngekek di tangkringan, lebih suka mainan di bawah tangkringan, sering ngeruji, macet bunyi karena mental turun, dan lebih parah lagi burung mabung terus-terusan.

4. Usia Ideal Loverbird untuk Ikut Perlombaan

Usia ideal burung Lovebird untuk diikutkan perlombaan yaitu setelah lebih 6 bulan. Namun di usia itu biasanya dia masih ganti bulu. Ganti bulu ini bisa makan waktu hingga 2 bulan. Supaya lebih aman, idealnya Lovebird baru diikutkan lomba di usia lebih dari 7 bulan.

5. Perawatan Lovebird Sebelum Lomba

Cara merawat Lovebird sebelum lomba sebenarnya hanya bentuk pengkondisian saja. Yang paling penting adalah perawatan harian. Hanya butuh sedikit polesan perawatan untuk perlombaan.

Untuk lomba jenis burung Lovebird yang perlu dipersiapkan adalah stamina dan mentalnya. Stamina sendiri bisa dilatih melalui perawatan harian. Sedangkan untuk mental butuh perawatan jangka panjang. Misalnya dengan sering memindahkan lokasi gantangan.

Untuk Lovebird yang sering diperlombakan memang perlu dibiasakan berpindah-pindah. Tujuannya supaya burung tidak stress jika dibawa ke lokasi perlombaan yang berbeda-beda. Bila perlu digantang di tempat yang biasa dilewati orang supaya terbiasa berinteraksi dengan banyak manusia.

6. Perawatan 7 Hari Sebelum Lomba

Burung Lovebird perlu diisolasi dari lingkungan sekitar H-6 sebeluam perlombaan diadakan. Yang paling penting jaga agar dia tidak mendengar suara atau melihat burung Lovebird lain.

Beri makanan berupa biji-bijian EF 3 sd 2 hari sebelum lomba. Pemberian biji-bijian ini penting untuk men-charge stamina Lovebird.

H-1 sebelum lomba kurangi waktu penjemuran. Misalnya jika biasanya dijemur 30 menit kurangi menjadi 20 menit saja. Begitu memasuki hari perlombaan berikan kangkung segar. Sebaiknya kangkung diberikan 1 sampai 2 jam sebelum digantang atau diperlombakan.

Cara merawat Lovebird buat lomba memang susah-susah gampang. Namun jika Lovebird sudah ‘jadi’, bisa dipastikan banyak mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Anda pecinta Lovebird yang biasa ikut kontes burung? Cobalah cara perawatan diatas supaya Lovebird kesayangan Anda menang di semua perlombaan dan dikenal oleh banyak orang.

Itulah tips yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, jika anda punya tips atau pengalaman lain seputar perawatan lovebird lomba bisa berkomentar dikolom yang sudah kami sedikan.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *