SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

9 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus dan Gambarnya

Jenis Burung Murai Batu yang Bagus

Jenis Burung Murai Batu – Meski murai batu terkenal dikalangan kicaumania, buka berarti burung jenis ini dikenal juga oleh semua orang. Bahkan diluar sana masih banyak orang yang awam akan burung kicau termahal didunai ini. Supaya menambah pengetahuan, maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan menarik seputar macam-macam jenis murai batu yang bagus dan memiliki suara merdu.

Murai Batu tentu tidak asing lagi di telinga kita. Burung yang populer di belahan dunia termasuk Indonesia memiliki suara kicauan yang khas. Di Indonesia terletak di wilayah Sumatera, seperti Medan, Aceh, Lampung, Sabang, Jambi, dan Nias. Burung Murai Batu juga terdapat di kawasan Kalimantan, Irian, dan Jawa. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis burung murai batu beserta gambarnya:

1. Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu Medan
Gambar Murai Batu Medan

Pertama, Burung Murai Batu Medan. Burung ini berasal dari Aceh, Pasaman, dan Semenanjung Malaysia. Dulu dapat ditemui di kawasan Sumatera, namun seiring berjalannya waktu Burung Murai Batu Medan jarang ditemukan. Populasi burung menurun drastis setiap tahunnya.

Burung jenis ini memiliki ukuran tubuh paling besar dibanding burung murai batu lainnya. Berwarna hitam legam dan berkilau. Warna tubuhnya berubah menjadi kebiruan ketika berhadapan dengan sinar matahari. Panjang bulu mencapai 30cm. Ciri khas dari burung ini dapat meluruskan ekor hingga menyentuh kepala ketika berkicau.

2. Burung Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung
Gambar Murai Batu Lampung

Burung jenis ini berasal dari Jambi dan Riau. Burung Murai Batu Lampung tidak dapat bertahan di kawasan Lampung (Selain Taman Nasional Way Kambas) karena kondisi hutan yang berubah. Lingkungan hutan yang berubah menjadi pemukiman warga membuat burung-burung ini berpindah wilayah. Sebagian burung yang tidak dapat beradaptasi perlahan mati.

3. Burung Murai Batu Nias

Murai Batu Nias
Gambar Murai Batu Nias

Burung ini berasal dari Mentawai, Sibanang, dan lain-lain. Ciri khas jenis ini memiliki bulu ekor sepanjang 17-20cm dan berwarna hitam. Dari segi ukuran tubuh, murai nias ukurannya bampir sama seperti burung murai Lampung. Suara burung murai nias terbilang keras, selain itu juga cepat beradaptasi dengan lingkungan jika dibanding burung murai lain.

4. Burung Murai Batu Jambi

Burung Murai Batu Jambi
Gambar Burung Murai Batu Jambi

Jenis ini mampu bertahan di dataran tinggi maupun rendah. Memiliki tubuh yang relatif kecil dibanding jenis muara batu lainnya, walaupun berukuran kecil, Murai Batu Jambi memiliki ketangguhan tubuh yang kuat dan mampu berkicau dengan durasi suara yang cukup panjang.

5. Burung Murai Batu Jawa

Burung Murai Batu Jawa
Gambar Burung Murai Batu Jawa

Burung murai batu jawa atau disebut jega sebagai burung murai batu larwo merupakan burung yang berasal dari pulau jawa. Ciri khas yang unik dari burung ini ketika berkicau bulu di kepala berdiri tegak seperti jambul. Panjang bulu ekor hanya 8-10cm.

6. Burung Murai Batu Bahorok

Burung Murai Batu Bahorok
Gambar Murai Batu Bahorok

Merupakan jenis burung yang berasal dari Sumatera. Burung ini sulit untuk dijinakkan, maka dari itu jarang ada manusia yang mau memeliharanya. Tapi menurut beberapa survei dari para kicaumania, jika burung ini dilatih dengan baik suaranya bisa mengalahkan jenis murai batu lain.

7. Burung Murai Batu Kalimantan

Burung Murai Batu Kalimantan
Gambar Murai Batu Kalimantan

Sesuai dengan namanya, burung jenis ini berasal dari Kalimantan. Murai batu Kalimantan dibagi menjadi tiga jenis yang berbeda, yakni Burung Murai Batu Palangka, Mahkota, dan Banjar. Ciri dari burung ini yaitu memiliki bulu berwarna coklat berkombinasi dengan hitam dan bagian kaki berwarna coklat kehitaman atau kemerahan. Panjang ekor hanya 10-13cm.

8. Burung Murai Thailand

Burung Murai Batu Thailan
Gambar Burung Murai Batu Thailan

Burung Murai Batu Thailand memiliki bentuk tubuh yang kecil, namun berekor panjang 38cm. Kelebihan dari jenis ini memiliki mental yang kuat dan agresif. Suara kicauan dapat diadu di ajang kontes burung.

Burung murai asli Thailand ini cukup unik sebab memiliki ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis burung murai di Indonesia. Keunikan tersebut meliputi bentuk tubuh, warna bulu serta panjang ekornya.

Jenis burung murai Batu Thailand sendiri banyak hidup di dataran tinggi dan hutan-hutan di Thailand. Terlebih di hutan-hutan yang belum banyak di jamah oleh manusia. Perbedaan pertama yang mencolok antara burung murai Thailand dengan lokal terletak pada pajang ekornya yang mampu mencapai 38 cm atau bahkan lebih. Ciri khas burung ini juga dapat dilihat dari warrna bulunya yang berwarna indigo atau sedikit kebiruan.

Sedangkan jika dilihat dari struktur badan, ia memiliki struktur badan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi lokalnya. Bentuknya hampir menyerupai sebuah botol yang mana akan semakin ke bawah akan semakin besar dari segi badannya. Suara dan kicauannya pun juga khas, artinya bebeda dengan kebanyakan burung murai batu versi lokal. Meski memiliki bentuk badan kecil, namun burung yang satu ini memiliki suara yang sangat khas, nyaring dan cukup lantang. Umumnya burung murai batu Thailand ini lebih agresif dan lincah jika dibandingkan dengan versi lokalnya.

Baca Juga: Perawatan Murai Batu Trotol

Sedangkan untuk gaya vareasi dari burung yang satu ini, terbilang cukup sedikit sehingga akan lebih baik jika burung murai Batu yang satu ini dikawin silangkan dengan burung murai batu versi lokal agar mampu menghasilkan anakan yang lebih bagus.

9. Burung Murai Batu Filipina

Burung Murai Batu Filiphina
Gambar Burung Murai Batu Filiphina

Adapula Burung Murai Batu Filipina. Disebut juga sebagai spesies murai kampung Filipina. Habitat asalnya adalah di daerah dataran rendah Filipina, atau di daerah hutan dengan tingkat kelembaban yang kurang (kering).

Burung murai batu Filipina ini disebut juga murai tropis atau sub tropis karena umumnya hidup di daerah yang kering atau dengan tingkat curah hujan yang rendah. Meski demikian, burung murai yang satu ini tidak tinggal di habitat lain kecuali di Filipina jadi pastikan jika Anda tertarik untuk menyambangi burung murai ini, Anda harus secara langsung berkunjung ke Filipina.

Bentuknya yang indah membuat orang-orang tertarik untuk memelihara. Suara kicauan masih kalah dengan Burung Murai Batu Thailand. Berfungsi sebagai penghias rumah dan tidak untuk dilombakan. Berbeda dengan Burung Murai Batu Malaysia. Jenis ini juga memiliki kicauan yang unik dan cocok untuk dilombakan. Memiliki ekor kurang dari 21 cm.

Dari beragam jenis-jenis Burung Murai Batu, ekor murai Thailand ini sudah tergolong panjang. Uniknya, hampir seluruh badan dari murai Filipina ini tertutup oleh warna hitam mengkilap, sedangkan warna putih hanya ada di beberapa helai bagian ekornya saja. Panjang tubuh dari murai jenis ini kurang lebih sekitar 21 cm, kurang lebih ukurannya tidak jauh berbeda dengan burung murai hitam dan murai lutung.

Sekilas burung murai Filipina ini mirip dengan murai Papua. Bahkan banyak orang yang salah kaprah menyebut murai jenis ini merupakan murai impor dari Filipina yang kemudian dikembangbiakkan di Papua, padahal semua itu salah kaprah. Meskipun mirip namun keduanya, antara muai Papua dan Filipina tidak memiliki ketertarikan apapun dari segi spesiesnya. Spesies murai Filipina ini juga layak untuk dilombakan dalam perlombaan kicau burung sebab suaranya yang nyaring, lantang dan khas umumnya akan membuat para juri takjub akan auranya.

Baca Juga: Download Suara Burung Murai Batu Mp3

Nah sahabat pecinta burung, itulah jenis-jenis Burung Murai Batu dari Indonesia maupun mancanegara yang bagus versi sukapet.com. Semoga informasi seputar macam-macam Burung Murai Batu di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Nah kalau Anda sendiri tertarik memelihara yang mana ?..

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *