SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

4 Jenis Burung Walet yang Terkenal di Indonesia

Jenis Burung Walet

Jenis burung walet – Tentu masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan burung walet, burung yang sarangnya memiliki nilai fantastis ini sering disamakan dengan burung sriti padahal hal tersebut tidak selamanya benar. Memang sekilas burung ini memiliki bentuk tubuh yang sama namun walet dan sriti ini berbeda. Burung walet disebut dengan Collocalia vestita.

Burung ini memiliki sayap meruncing, berekor panjang, dan berwarna hitam. Pada bagian bawah badannya berwarna cokelat. Burung ini biasanya hidup di pantai yang memiliki goa atau ruang besar seperti atap kosong yang alami. Burung walet tersebut akan bersarang dan juga berkelompok dalam jumlah yang banyak. Mereka akan membuat sarang dari air liurnya.

Jenis burung walet

Mungkin bagi anda yang belum tahu secara detail mengira kalau burung walet itu berasal dari negara Eropa. Padahal secara penelitian burung walet hanya dapat kita jumpai didaerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina Kamboja, dan Laos. Dan tidak tersebar di negara Eropa, Amerika, ataupun di benua afrika. Berikut ini adalah jenis burung walet yang sering dijumpai di Indonesia:

1. Walet Putih

Burung Walet Putih

Burung walet ini memiliki sarang dengan warna putih. Sebenarnya burung walet ini memiliki warna cokelat sedikit kehitam-hitaman dengan bulu bagian bahwa kelabu atau cokelat, selain itu pada bagian ekornya memiliki bulu ekor sedikit bercelah. Ciri khas dari burung walet putih adalah memiliki suara yang nyaring dan bervolume tinggi, ukuran burung walet ini tubuhnya cukup besar sekitar 12 cm. Mata dari walet putih cokelat gelap dengan paruh hitam dan juga warna kakinya hitam.

Walet putih memiliki sayap yang lebih kokoh dan cara terbangnya lebih kuat jika dibanding dengan walet jenis lain. Walet putih ini akan mencari makanan dekat dengan pohon yang tinggi dan banyak serangga kecil. Keunikan dari burung ini adalah terbiasa terbang ke dalam air untuk mandi dan juga untuk minum, setelah itu burung walet ini akan terbang lagi.

Sarang burung walet putih ini terbuat dari air liur, akan tetapi harganya sangat mahal dan sering dicari untuk dijadikan obat dan makanan. Telur dari burung walet ini berwarna putih dan juga bentuk telurnya memanjang, anehnya burung walet ini hanya akan bertelur 2 biji saja.

2. Walet Besar

Burung Walet Besar

Burung walet besar memiliki ciri warna hitam, bulu bagian bawah cokelat gelap, dan bulu ekornya akan sedikit bercelah. Burung walet ini suaranya khas dan juga nyaring. Selain itu burung walet ini memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan dengan burung walet lainnya. Panjang tubuh dari burung walet hitam ini panjangnya 16 cm.

Ciri khas dari burung walet besar yaitu saat terbang akan menyambar serangga kecil yang mana itu menjadi makanannya. Burung walet ini lebih suka bersarang di lubang. Sayangnya sarang dari burung walet ini tidak bisa dimakan, sarangnya akan terbuat seperti mangkuk yang terbuat dari akar tumbuhan, lumut, dan juga jenis serat. Sarang walet jenis ini disebut sebagai sarang yang kotor dan berserat.

3. Walet Gunung

Walet Gunung

Jenis burung walet selanjutnya ada walet gunung, warna dari walet ini hitam namun ekornya abu kehitam-hitaman. Bulu ekor dari walet hitam ini bercelah dalam, kemudian pada kakinya sedikit berbulu atau tidak memiliki bulu sama sekali. Burung ini memiliki sura khas yang nyaring dan dari segi ukuran tubuhnya dikategorikan sebagai walet besar karena ukuran panjangnya kurang dari 14 cm.

Burung ini akan terbang berkelompok dan tebang secara cepat dekat tebing atau puncak gunung. Serangga kecil menjadi makanannya dan sering disambar dengan cepat oleh burung ini ketika terbang. Burung ini suka membuat sarang di bekas kawah gunung.

Baca Juga: Suara Burung Mp3 Gacor Untuk Masteran dan Pikat

4. Walet Sarang Hitam

Burung walet sarang hitam memiliki bulu warna cokelat dan sedikit hitam, selain itu warna ekornya sedikit kelabu. Bagian ekor burung ini sedikit bercelah dan pada kakinya memiliki bulu yang merata. Dari segi ukurannya, tubuh burung walet sarang hitam ini sedang dan tidak terlalu besar, panjang tubuhnya sekitar 12 cm dengan mata berwarna cokelat tua dengan paruh hitam dan kaki yang berwarna hitam.

Pakan walet ini adalah serangga kecil yang disambar saat terbang. Burung walet ini sangat suka menyukai gua kapur, saat bertelur hanya menghasilkan satu biji, dan hanya akan membuat satu sarang saja.

Demikianlah beberapa jenis burung walet yang populer dan mudah dijumpai di Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *