SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

4 Jenis Kucing Persia Populer yang Dapat Anda Pelihara

enis Kucing Persia Populer

SukaPet.com, Terdapat beberapa jenis kucing persia yang biasa dijadikan sebagai binatang peliharaan oleh para pecinta kucing. Kucing persia memang banyak diminati karena memiliki karakteristik baik fisik maupun sifat yang tergolong menarik. Bentuk badannya yang gembul dengan bulu-bulu halus yang menyelimuti seluruh tubuhnya tampak sangat menggemaskan. Ciri fisik lain yang membuatnya tampak lucu terletak pada bentuk hidung yang pesek.

Namun ternyata, setiap jenisnya memiliki perbedaan satu sama lain. Hal linilah yang terkadang belum begitu dipahami oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin menjadikan kucing persia sebagai binatang peliharaan, Anda dapat menyimak penjelasan mengenai 4 jenis kucing persia berikut ini.

1. Kucing Persia Jenis Himalaya

Kucing Persia Jenis Himalaya
Sumber @ Iheartcats.com

Bulu kucing persia Himalaya ini sangat panjang, namun hidungnya tak terlalu pesek. Ini tentu saja berbeda dari kucinkg persia jenis lainnya. Karena biasanya kucing persia identik dengan bulu yang panjang dan memiliki hidung yang pesek. Untuk warna kucing persia jenis ini didominasi dengan warna dasar coklat muda atau putih. Sedangkan terdapat warna coklat tua atau hitam di beberapa bagian tubuhnya, terutama wajah, telinga, hidung, ekor, serta di ujung-ujung kakinya. Warna coklat tua pada bagian tertentu di tubuh kucing membentuk pola tertentu sehingga kucing ini juga disebut sebagai kucing berpola colorpoint. Pola-pola yang unik pada tubuhnya ini menjadi ciri khas dari kucing persia himalaya.

Kucing yang dapat hidup hingga 15 tahun ini memiliki tubuh yang tergolong besar. Memiliki bobot yang berkisar antara 4-6 kg membuatnya memiliki postur tubuh yang menggemaskan. Sekilas, dilihat dari pola serta warnanya, kucing jenis Himalaya tampak mirip dengan kucing siam. Namun yang dapat membedakan dua jenis kucing ini adalah terletak pada bulu-bulunya. Untuk kucing himalaya, bulunya lebat dan panjang, sedangkan bulu pada kucing siam lebih tipis dan tidak setebal kucing himalaya.

Kucing persia jenis himalaya termasuk kucing yang memiliki karakter yang jinak, tenang, dan manja sehingga tidak akan merepotkan untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain itu, mereka memiliki sifat yang sangat menggemaskan karena mereka mudah diajak bermain dengan berbagai alat-alat permainan anak-anak. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah mereka tak suka pada suasana yang bising sehingga sebisa mungkin Andak tak mengajak kucing ini ke tempat-tempat yang penuh dengn keramaian.

Kucing jenis ini termasuk kucing yang tak suka bergerak secara berlebihan. Mereka justru banyak menghabiskan waktu dengan tiduran. Sehingga jangan heran kalau kucing tersebut tak suka melompat atau memanjat jendela rumah seperti kucing kebanyakan. Ini justru membuat Anda semakin tenang dalam memeliharanya karena kucing tersebut tak akan merusak berbagai perabot di rumah Anda.

Kucing persia jenis himalaya banyak terdapat di pasaran. Untuk membeli kucing ini, Anda harus merogoh kocek sekitar 9 juta rupiah. Harga ini relatif murah untuk seekor kucing persia dewasa.

2. Kucing Persia jenis Flatnose

Kucing Persia jenis Flatnose
Sumber @ id.wikipedia.org

Kucing lucu yang sangat populer di Amerika Serikat ini memiiki ciri khas pada bagian hidung. Bentuk hidungnya berbentuk pesek dan datar dengan ukuran yang kecil dan biasanya sejajar dengan matanya. Ini yang membuat banyak orang jatuh cinta pada kucing yang sangat menggemaskan ini.

Hal lain yang membuat fisiknya terlihat menggemaskan adalah bentuk pipinya yang berisi sehingga terlihat cubby. Untuk kepalanya sendiri, kucing persia jenis himalaya biasanya berbentuk sedikit kotak. Ini tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan kucing persia lain yang kepalanya cenderung bulat.

Seperti kucing persia pada umumnya, kucing persia ini juga memiliki badan yang gembul dengan otot-otot yang kekar. Mereka juga memiliki bulu lembut yang panjang yang membuat Anda selalu ingin mengelusnya. Untuk matanya sendiri berukuran kecil sedangkan kupingnya terlihat kecil dan runcing dengan letak antara dua daun telingga yang agak berjauhan.

Kucing gembul ini juga memiliki kaki yang cenderung sedang sehingga membuat postur tubuhnya tampak semakin bantet. Hal inilah yang membuat mereka semakin lucu saat dilihat.

Segala keunikan dan kelucuan yang terlihat dari fisik kucing jenis flatnose menjadikannya primadona sebagai kucing peliharaan. Tak heran banyak pecinta kucing yang mendambakan untuk mendapatkan kucing jenis ini. Bagi Anda yang mengharapkan memiliki kucing peliharaan yang aktif, maka kucing inilah yang Anda cari. Kucing ini terlihat sangat aktif dan suka diajak bermain. Mereka bahkan akan senang ketika diajak melompat, berlari, maupun bermain bola.

Untuk menjaga keamanannya saat bermain, bawalah dia ke tempat yang luas serta jauh dari benda-benda yang membahayakan. Selain itu,agar Anda tak khawatir perabot rumah jadi rusak karena keaktifan si kucing pesek ini, siapkanlah tempat khusus di rumah yang agak luas dan letaknya jauh dari perabot tersebut.

Kucing flatnose memiliki nafsu makan yang besar sehingga salah satu hobinya adalah makan. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan makanan si kucing agar tak berujung pada masalah obesitas yang akhirnya akan membahayakan kesehatan kucing tersebut.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kucing Mau Mati

Jenis kucing persia ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk kucing flatnose dewasa bahkan harganya bisa mencapai 11 juta rupiah. Sedangkan untuk anakannya dibanderol dengan harga berkisar 5 juta rupiah.

3. Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium
Sumber @ farmbos.com

Kucing persia jenis medium memiliki bentuk hidung yang setengah pesek. Itulah mengapa kucing ini disebut sebagai kucing medium. Sedangkan bulu pada kucing ini adalah yang paling lebat di antara kucing persia yang lain.

Dilihat dari panjang rambutnya, kucing jenis ini dibedakan lagi menjadi dua, yaitu shorthair dan longhair. Kucing persia shorthair memiliki rambut yang pendek sehingga lebih mudah dalam perawatannya. Sedangkan untuk kucing persia longhair memiliki rambut yang lebih panjang dan tebal sehingga cenderung lebih sulit dalam perawatannya.

Untuk harga kucing ini sendiri lebih murah dibanding kucing jenis lainnya. Untuk kucing dewasa dihargai sebesar 8 juta-an rupiah. Sedangkan untuk yang masih muda dibanderol dengan harga 2 juta-an rupiah.

4. Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose
Sumber @ kucingmu.com

Jenis kucing persia yang selanjutnya adalah Peaknose. Kucing persia ini memiliki bentuk hidung yang paling pesek di antara jenis yang lainnya. Sekilas kucing persia peaknose hampir serupa dengan flatnose, namun jika diperhatikan dengan seksama bentuk hidungnya lebih datar dari hidung kucing flatnose.

Jika dilihat bentuk hidungnya, kucing ini dibedakan menjadi dua, kucing peaknose dan kucing peaknose ekstrim. Kucing peaknose ekstrim memiliki bentuk hidung yang lebih datar dan pesek jika dibandingkan dengan peaknose biasa. Jika dilihat dari sisi samping, hidung peaknose ekstrim tampak sangat datar bahkan seolah seperti tidak ada bagian yang menonjol.

Kucing persia jenis peaknose ini adalah kucing persia yang paling mahal harganya. Harga kucing ini bisa mencapai 12 juta-an rupiah untuk yang dewasa. Ini tentu saja sebanding dengan keunikan dari fisik kucing tersebut yang memang menggemaskan.

Baca Juga: Bau yang Tidak Disukai Kucing

Demikianlah 4 jenis kucing persia yang dapat Anda pelihara. Ternyata ada berbagai perbedaan pada setiap jenisnya. Anda dapat memilih jenis mana yang paling tepat untuk dijadikan peliharaan. Semoga informasi ini bermanfaat !

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *