SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Berbagai Jenis Makanan Burung Puyuh Petelur Bernutrisi

Jenis Makanan Burung Puyuh Petelur

SukaPET.com, Dalam memelihara burung puyuh petelur salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para peternak adalah makanan burung puyuh itu sendiri. Makanan yang diberikan pada burung puyuh tersebut haruslah yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan, pertumbuhan, dan juga dapat meningkatkan produksi telur.

Bisa dibilang, memelihara burung puyuh memang memerlukan keuletan tersendiri terutama dalam hal penyediaan makanannya.

Jangan sampai pakan yang digunakan justru menghambat tumbuh kembang burung puyuh. Untuk itu, peternak harus mengerti benar pakan apa yang tepat untuk diberikan pada burung puyuh. Jika Anda juga berminat beternak burung puyuh petelur dan saat ini masih bingung tentang jenis makanan apa yang tepat untuk diberikan pada burung puyuh, Anda tak perlu khawatir.

Baca Juga: Download Kumpulan Suara Burung Mp3

Berikut akan dijelaskan berbagai jenis makanan burung puyuh petelur yang bernutrisi beserta cara pembuatannya.

Jenis Makanan Burung Puyuh

1. Jagung

Di alam liar, makanan burung puyuh yang utama adalah biji-bijian. Puyuh pun gemar menjadikan biji Jagung sebagai makanannya. Untuk itu, saat burung puyuh dijadikan binatang ternak pun, hendaknya jagung ini juga diberikan sebagai pakan. jagung menjadi salah satu pakan yang memiliki gizi yang baik bagi burung puyuh. Kandungan karbohidrat pada jagung dapat menjadi sumber tenaga bagi burung puyuh.

Biasanya jagung yang banyak digunakan oleh para petenak adalah jagung kuning karena bernutrisi tinggi. Jagung setidaknya mengandung serat dan vitamin seperti vitamin C, vitmin B, kalium, fosfor, asam lemak omega-6, lemak tak jenuh, magnesium, serta zat besi.

Namun yang menjadi kendala adalah harga jagung ini terbilang cukup mahal. Karena itu, peternak biasanya akan mencampur jagung ini dengan jenis makanan lain agar dapat menekan biaya pakan ternak.

2. Dedak padi

Dedak padi atau yang biasa disebut sebagai bekatul adalah salah satu jenis makanan burung puyuh yang bernutrisi tinggi. Dedek yang merupakan limbah penggilingan padi, biasa digunakan sebagai pakan burung puyuh karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein sendiri adalah salah satu kandungan yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan sumber energi yang baik bagi burung puyuh. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan lemak. Harga dedek cenderung murah sehingga terjangkau untuk dijadikan sebagai pakan.

Dalam pemberian makanan jenis ini pada burung puyuh, peternak harus memperhatikan usia burung puyuh tersebut. Karena dedek cenderung kurang baik untuk dijadikan sebagai pakan bagi burung puyuh yang masih muda. Terkadang mereka belum dapat mencerna dengan baik jenis makanan ini karena di dalamnya terdapat serat kasar.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penyimpanan dari dedek ini sendiri. Karena jika dedek disimpan terlalu lama, biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga menggumpal sehingga akan rusak atau tidak baik untuk digunakan.

3. Sorgum

Di daerah tertentu, Sorgum disebut juga sebagai cantel, batar tojeng, dan cantrik. Sorgum adalah jenis makanan yang sangat bernutrisi untuk burung puyuh. Di dalamnya terkandung sumber protein yang tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan jagung. Meskipun sorgum kaya akan protein, namun di dalamnya juga terdapat kandungan tanin yang membuat kandungan protein sulit untuk diserap. Jika protein tersebut sulit dicerna, sudah barang tentu ini akan menurunkan pertumbuhan bahkan mengakibatkan kelainan pada burung puyuh. Maka dari itu, sebaiknya peternak harus membatasi penggunaan sorgum sebagai pakan.

Jika Anda ingin memberikan sorgum untuk pakan burung puyuh, Anda harus mengolah kembali sorgum tersebut dengan cara mengupas kulit bagian luar, merendam, atau melakukan fermentasi sebelum digunakan sebagai pakan. Selain itu, Anda juga dapat memilih sorgum yang tidak berwarna karena sorgum yang memilki warna yang pekat, maka semakin tinggi pula kandungan tannin di dalamnya.

4. Tepung Tulang

Tepung tulang berasal dari sisa-sisa peternakan dan juga pemotongan hewan. Yang umumnya digunakan adalah adalah tulang ikan dan juga ayam. Tulang-tulang tersebut direbus hingga matang dan melunak, selanjutnya dikeringkan, dan digiling hingga benar-benar menjadi tepung.

Walaupun terbuat dari bahan yang terbilang sederhana, namun kandungan nutrisi di dalamnya cukup tinggi. Terdapat kandungan fosfor, kalsium, dan magnesium yang amat baik untuk pertumbuhan burung puyuh.

5. Pollard

Pollard atau dedek gandum juga dapat dijadikan sebagai makanan bagi burung puyuh. Di dalam pollard terdapat kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein serta lemak. Hampir sama seperti dedek padi, di dalam dedek gandum ini pun terdapat serat kasar yang tidak mudah dicerna oleh burung puyuh muda. Karena itulah penggunaan pollard sebagai pakan untuk burung puyuh harus dibatasi oleh peternak.

6. Singkong

Singkong juga dapat menjadi salah satu jenis makanan yang bernutrisi bagi burung puyuh. Kandungan karbohidrat pada singkong hampir sama dengan yang terdapat di dalam jagung. Namun untuk kandungan proteinnya sendiri lebih rendah. Namun yang harus diperhatikan oleh para peternak adalah penggunaan singkong sebagai pakan burung puyuh harus dibatasi karena di dalamnya terdapat kandungan antinutrisi yang disebut sianogenik glukosida. Untuk pemberiannya sendiri agar aman dikonsumsi oleh burung puyuh, singkong ini dapat Anda potong kecil-kecil dan hindari penggunaan singkong yang pahit.

Cara Pembuatan Makanan Burung Puyuh

Meskipun telah banyak dijual makanan burung puyuh yang bernutrisi di pasaran, namun Anda tidak dapat hanya mengandalkan bahan makanan itu saja karena biaya beternak pasti akan membengkak. Karena itulah, Anda dapat membuat pakan burung puyuh sendiri untuk meminimalisir biaya operasional. Dengan membuat sendiri makanan untuk burung puyuh, ini tentu saja akan mengurangi ketergantungan pada pakan buatan pabrik.

Meskipun demikian, tidak serta merta pakan buatan pabrik lantas ditinggalkan. Tetap saja dalam membuat pakan sendiri, Anda harus mencampurkan bahan-bahan alami seperti jagung atau bekatul dengan pakan buatan pabrikan tersebut agar dihasilkan makanan yang benar-benar bernutrisi bagi burung puyuh.

Untuk menghasilkan pakan yang benar-benar bernutrisi tinggi bagi burung puyuh, Anda harus menerapkan campuran formula antara lain konsentrat produksi pabrikan (1 bagian), bekatul atau dedek halus (1 bagian), dan jagung halus ( 1 bagian). Untuk konsetrat khusus burung puyung buatan pabrik, pilihlah yang butirannya kecil dengan ukuran 3mm.

Sementara untuk takaran atau komposisi bahan campuran dapat dikonsultasikan melalui saran dari produsen konsentrat pabrikan. Bahan pakan campuran ini dapat Anda buat seminggu sekali dengan tetap memperhatikan cara penyimpanannya agar tidak rusak atau berjamur.

Dengan membuat pakan sendiri, peternak dapat tenang karena tahu kandungan atau komposisi apa saja yang digunakan untuk mengolah pangan tersebut. Selain itu, dengan membuat pakan sendiri, peternak dapat menghemat biaya untuk beternak burung puyuh hingga mencapai 50%.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji

Kesimpulannya, terdapat beberapa jenis makanan burung puyuh yang dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan burung puyuh. Untuk mendapatkan makanan yang benar-benar bernutrisi bagi burung puyuh, Anda dapat mencampurkan pakan buatan pabrik dengan pakan yang dibuat sendiri. Dengan demikian, Anda dapat menekan biaya operasional dalam beternak burung puyuh tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda terutama yang masih baru dalam beternak burung puyuh.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *