SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji agar Tidak Salah Langkah

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji – Lovebird adalah salah satu jenis burung yang memiliki keindahan suara dan warna pada tubuh. Pemelihara lovebird tentu memiliki kebahagiaan tersendiri dan kesusahan dalam merawat burung kesayangan. Apabila lovebird sehat dan dapat menghasilkan kicauan yang panjang, pemilik juga akan bahagia.

Permasalahan yang kerap kali muncul pada lovebird yaitu ngeruji. Ngeruji dapat terjadi pada lovebird berusia anak-anak maupun dewasa. Tidak semua lovebird memiliki kebiasaan ngeruji. Bagaimana jika tiba-tiba lovebird Anda ngeruji? Apa yang harus dilakukan oleh majikan? Bagaimana cara mengatasi lovebird ngeruji? Anda tidak perlu panik dan resah.

Artikel SukaPET.com kali ini akan membahas mengenai solusi agar lovebird tidak ngeruji, namun sebelum mengetahui bagaimana solusi agar lovebird tidak ngeruji, mari simak penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Lovebird Ngeruji

Ngeruji adalah kondisi ketika lovebird tidak mau bertengger. Perilaku ketika lovebird ngeruji diantaranya menabrakkan diri dan cenderung diam di pinggir jeruji sangkar. Lovebird lebih menyukai duduk disamping jeruji atau dinding sangkar. Majikan telah menyediakan kayu untuk tempat bertengger, namun lovebird tetap malas. Ada beberapa alasan penyebab lovebird ngeruji.

Pertama, usia burung lovebird yang masih muda. Biasanya usia dibawah 6 bulan menjadi salah satu faktor utama mengapa lovebird ngeruji. Layaknya manusia yang masih bayi dan belum banyak bertingkah.

Faktor kedua, burung lovebird telah biasa ada di dalam sangkar. Hal ini mengakibatkan lovebird malas untuk bergerak. Ia akan memilih berdiam diri didalam sangkar betimbang beraktifitas seperti lovebird normal.

Ketiga, faktor birahi. Over birahi ini yang paling sering terjadi. Lovebird yang telah mencapai usia dewasa ada keinginan untuk kawin. Apabila tidak bisa melampiaskan nafsu birahi, lovebird akan cenderung ngeruji.

Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji

1. Pemberian Pakan yang Tepat

Pemberian pakan tambahan sebaiknya dihentikan sementara. Berikan pakan secukupnya seperti milet. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi karena akan mengakibatkan birahi lovebird meningkat.

Apabila kondisi burung lovebird sudah terlihat membaik, boleh diberikan biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Lovebird dapat diberi makanan seperti jagung, apel, dan pisang sekali dalam satu minggu. Pemberian timun pada lovebird akan mempercepat penyembuhan. Tidak semua lovebird menyukai timun. Anda dapat mencoba memberi makan timun sedikit demi sedikit. Apabila lovebird Anda menyukai timun, itu adalah kondisi yang bagus. Burung akan cepat sembuh dari ngeruji.

2. Memandikan lovebird setiap hari

Waktu yang tepat untuk memandikan lovebird yakni jam 07.00. Semprot lovebird dengan menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup. Setelah itu diangin-anginkan hingga beberapa saat. Proses selanjutnya yaitu dijemur selama 10 hingga 15 menit. Waktu yang bagus untuk menjemur lovebird adalah jam 10.00 pagi.

Pada siang hari biarkan lovebird berada di dalam sangkar. Jangan biarkan hewan peliharaan Anda melihat burung lain, baik yang sejenis maupun beda jenis. Pada malam hari jauhkan lovebird dari hewan ataupun burung lain. Pertemuan antara lovebird dengan burung lain akan mempengaruhi kondisi lovebird. Proses penyembuhan lovebird dari ngeruji membutuhkan waktu intensif agar dirinya sendirian dan tidak terganggu oleh kehadiran burung lain. (Baca Juga: Suara Burung Lovebird Mp3)

3. Tempat untuk Bertengger

Tambahkan jumlah tangkringan untuk bertengger. Lovebird juga bisa bosan apabila tangkringan yang digunakan itu-itu saja. Alangkah baiknya jika memberikan tangkringan baru untuk bermain lovebird. Tangkringan dua atau tiga dapat mengurangi stress burung, sehingga tidak ngeruji. Selain menambah jumlah tangkringan, Anda dapat mengubah posisi tangkringan lovebird agar menimbulkan suasana baru dalam sangkar. Hal tersebut justru akan mengurangi beban dari si lovebird itu sendiri sehingga berharap dapa segera pulih kembali dan tidak lagi ngeruji.

4. Sangkar Hendaknya Tidak Terlampau Tinggi

Jangan letakkan sangkar terlalu tinggi. Lebih baik sangkar diletakkan di teras rumah yang merupakan jalan lalu lalang manusia, namun jangan terlalu ramai juga. Ketika malam hari letakkan sangkar atau kandang di dalam ruang tamu. Hal ini akan menyebabkan lovebird memiliki kedekatan emosional dengan manusia. Lovebird yang sering berhubungan dengan manusia akan merasa aman dan nyaman. Lovebird pun tidak merasa takut.

Jika diperlukan, pastikan jika lovebird Anda selalu melihat Anda saat Anda memberi makan. Hal tersebut mampu memunculkan kedekatan emosional antara pemilik dengan burungnya. Penggunaan sangkar burung yang terlalu tinggi juga akan membuat lovebird tidak terbiasa melihat majikannya sehingga menyebabkan burung kaget saat dilombakan. Penting untuk membuat lovebird benar-benar dekat dengan manusia.

5. Hindari Memaksakan untuk Berlomba jika Tidak fit

Memaksa lovebird untuk mengikuti lomba akan menimbulkan perilaku ngeruji. Tidak hanya manusia, hewan pun kerap merasa tertekan apabila secara terus-menerus dipaksa mengikuti lomba. Ketika diperlombakan pun, lovebird akan mendapatkan nilai minim karena ngeruji.

Hindari memaksakan lovebird Anda jika kondisinya memang benar-benar tidak fit, sebaliknya, rawat dahulu sampai benar-benar fit kemudian baru dilombakan. Jika si pemilik memiliki lebih dari satu lovebird, bisa gantikan lovebird yang sakit dengan lovebird yang lain agar perlombaan tetap berjalan. Baca Juga: Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

6. Mengawinkan Lovebird yang Birahi

Terakhir cara mengatasi lovebird ngeruji yaitu mengkawinkan lovebird yang sedang birahi. Ngeruji bisa disebabkan karena burung ingin kawin namun tidak dapat melampiaskan hasrat. Sang majikan lebih baik mencarikan lovebird lawan jenis untuk mengkawinkannya agar ngeruji tidak berlangsung lama. Usia yang tepat saat dikawinkan yakni 8 bulan. Pada usia tersebut lovebird dapat dikategorikan dewasa, sehingga telah mencapai usia matang untuk dikawinkan. Apabila keinginan lovebird unuk kawin tidak dituruti, maka ada kemungkinan lovebird akan terus ngeruji.

Ada dua cara untuk mengkawinkan lovebird. Pertama, sang majikan dapat memilih lovebird lawan jenis yang cocok dengan burung peliharaannya. Masukkan lovebird lawan jenis ke dalam satu kandang. Biarkan mereka kawin dengan sendirinya. Cara kedua yaitu, lovebird dimasukkan ke dalam kandang yang berisi banyak lovebird lawan jenis. Biarkan lovebird Anda memilih satu dari sekian banyak burung untuk dijadikan pasangan. Setelah memilih, lovebird akan kawin dengan pasangan secara cepat.

Apabila lovebird kurang cocok dengan pasangan yang dipilih, maka proses perkawinan akan lebih lama. Perkawinan lovebird diyakini dapat mengurangi kebiasaan ngeruji.

7. Letakkan Sangkar di Tempat Keramaian

Cara mengatasi lovebird ngeruji yang terakhir adalah dengan meletakkan sangkar di tempat keramaian. Mengapa demikian?. Dengan meletakkan kandang lovebird di tempat lalu-lalang atau keramaian akan membuat lovebird terbiasa melihat manusia, sehingga ketika dilombakan, lovebird tidak merasa cemas dan ketakutan. Selain itu, meletakkan lovebird di tempat terbuka juga akan membuat lovebird sehat karena cukup mendapatkan sinar matahari dan sirkuasi yang memadai.

Kesimpulannya cara mengatasi lovebird ngeruji yang sebenarnya adalah dengan membuatnya merasan nyaman dan aman. Jika sudah demiikian, maka lovebird benar-benar bisa berkicau dengan sempurna dan tidak ngeruji lagi. Nah semoga, informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *