SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

3 Cara Perawatan Murai Batu Trotol Hingga Mabung Pertama

Perawatan Murai Batu Trotol

Perawatan Murai Batu Trotol – Memelihara burung murai trotol ini memang menyenangkan, terlebih lagi burung ini cukup populer di kalangan kicau mania. Selain memiliki mental yang bagus, burung ini dipercaya memiliki suara master yang bervariasi. Burung murai batu trotol ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dimana dipelihara agar cepat gacor dan menghasilkan suara yang khas atau bervariasi.

Sayangnya banyak yang mengeluhkan burung tersebut tidak bersuara meski sudah mendapatkan perawatan yang maksimal. Para kicau mania pun banyak yang bertanya, bagaimana merawat burung murai trotol yang benar agar mudah gacor tersebut. Bagi yang merasakan hal yang sama, berikut adalah perawatan murai trotol yang penting untuk diperhatikan.

Perawatan Murai Batu Trotol

Murai batu trotol adalah sebutan kicaumania terhadap burung kicau terutama murai batu yang belum berganti bulu dewasa, biasanya pristiwa trotolan ini terjadi setelah burung murai batu berumur diatas 12-14 hari.

Fase tersebut mulai berakhir pada usia 4-5 bulan, setelah melewati fase tersebut murai batu melanjutkan lagi ke fase berganti bulu ke bulu dewasa atau istilahnya mabung. Ciri murai trotol bisa kita lihat dari warna bulu bagian sayapnya, yang mana pada umumnya terdapat bintik-bintik coklat dan cenderung berwarna hitam kusam.

Perawatan Murai Trotol Umur 1-2 Bulan

Biasanya burung murai trotol akan dijual saat umur 1 bulan dan pada saat itu mereka sudah bisa makan makanannya sendiri tanpa harus mendapatkan bantuan dari pemiliknya. Anakan burung murai trotol bisa diberikan pakan kering atau voer. Yang paling penting adalah pilih voer yang kandungan nutrisinya lengkap. Tidak hanya itu saja sesuaikanlah ukuran voer dengan anakan murai trotol tersebut agar burung mudah mencernanya.

Jangan memilih voer yang terlalu besar atau kasar karena organ pencernaan burung usia 1 sampai 2 bulan belum sempurna. Jika telanjur membeli yang butirannya kasar, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit air sehingga voer teksturnya berubah menjadi basah sehingga lebih mudah dicerna.

Pakan yang bisa diberikan lainnya adalah kroto atau ulat hongkong. Kroto bisa diberikan setiap pagi sedangkan ulat hongkong bisa diberikan secukupnya saja. Jangan lupa memberikan vitamin 3 kali seminggu.

Perawatan Umur 2 Sampai 4 Bulan

Perawatan murai trotol selanjutnya adalah latihan di keramba mandi. Anda harus merangsang burung tersebut agar mau mandi di karamba. Perangsangan bisa dilakukan dengan menyemprot tubuhnya dengan menggunakan sprayer, setelah itu jemur di bawah matahari pagi. Di tahap awal penjemuran dilakukan secukupnya dan secara bertahap.

Minggu pertama durasi cukup 15 menit, setelah itu durasi ditingkatkan menjadi 20 menit. Khusus pakannya Anda bisa memberikan voer pakan burung umur 1-2 bulan, namun jangan lupa berikan voer yang kondisinya kering. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan multivitamin sampai burung berusia dewasa. Saat umur memasuki usia 3 bulan, pemberian ulat hongkong harus dikurangi dan diganti dengan jangkrik.

Perawatan Umur Lebih 4 Bulan

Untuk melihat apakah perawatan sebelumnya berhasil atau tidak bisa terlihat saat burung memasuki usia 4 bulan. Di umur ini murai akan mulai memasuki mabung pertama. Bulu trotol akan berganti dengan bulu dewasa. Setelah masa mabung selesai, burung ini sudah tidak bisa disebut sebagai trotol lagi namun disebut sebagai burung murai muda.

Di saat burung mabung Anda bisa memberikan pakan yang berkualitas, frekuensi pemberian multivitamin bisa ditingkatkan dimana tadinya 3 kali berubah menjadi 4 kali dalam seminggu. Tidak hanya itu saja, pemberian multimineral ini bisa ditingkatkan menjadi 3 kali dalam seminggu.

Mabung ini akan selesai di umur 6 sampai dengan 7 bulan dan Anda sudah bisa melakukan perawatan harian, setelah itu Anda bisa melakukan setelan pakan yang tepat secara bertahap. Pada usia 7 bulan ini, burung murai akan mencapai performa yang maksimal dimana ditandai bulu yang mulus dan bersinar, bahkan jika perawatan murai trotol yang Anda lakukan sebelumnya maksimal maka suara burung murai batu akan kencang ketika berkicau.

Saat itulah, Anda akan bisa memetik perawatan yang telah Anda lakukan selama ini dimana burung murai Anda akan nyaring berkicau.

Agar burung murai Anda memiliki suara yang nyaring dan memiliki master suara yang beragam, sejak usia 1 bulan Anda bisa memaster dengan menggunakan CD atau MP3. Yang harus Anda ingat adalah perawatan murai trotol tidak akan maksimal tanpa pelatihan mental, sehingga Anda bisa melatih mentalnya saat murai umur 8 bulan dengan mengikuti lomba lokal.

SukaPET Saya hanyalah seorang yang habi memelihara dan merawat hewan peliharaan, dan dikarenakan sekarang ini sudah canggih maka saya berkeinginan untuk berbagi sesuatu yang saya ketahui tentang hewan melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *